TEKNIK WATER TRANSFER FILM

 

Salah satu teknik pengecatan dalam dunia sepeda motor adalah Water Transfer Film. Water Transfer Film adalah proses pencetakan 3-Dimensi ke permukaan objek dengan perantara air. Proses mencetak ini menggunakan film yang larut dalam air dan terdapat pola yang dicetak atau disebut pattern.

 

Teknik ini mudah untuk dilakukan dan membuat anda bisa lebih luas berkreasi dengan motif-motif yang mungkin susah untuk dibuat secara manual. Berikut ini langkah-langkah bagaimana melakukan teknik Water Transfer Film:

 

  1. Seperti awal pengecatan pada biasanya, amplas permukaan objek dengan amplas 500. Amplas permukaan secara perlahan sampai seluruh permukaan terasa halus.

 

  1. Gunakanlah cat semprot epoxy agar permukaan cat yang akan dicat menjadi lebih halus dan merata. Anda bisa memakai epoxy [#UCH210] atau epoxy [#2K04]. Perbedaannya adalah cat 2K Series memiliki kelebihan lebih tahan lama dan anti-retak.

 

  1. Setelah lapisan epoxy kering, semprotkan warna dasar(undercoat). Samurai Paint menyediakan 3 macam warna dasar, yaitu White[#102] untuk cat berwarna solid, Silver[#124] untuk cat warna metalik dan candy, dan Flat Black[#109a] untuk cat warna khameleon.

 

Sesuaikan warna dasar dengan warna akhir yang akan anda pilih. Semprotkan secara tipis-tipis, sampai menutupi seluruh permukaan objek.

 

  1. Untuk melakukan teknik Water Transfer Film, kita harus menyediakan seember air seukuran objek dan Water Film Carbon, yaitu motif yang akan dicetak. Salah satu Water Film Carbon yang Samurai Paint tawarkan yaitu [#WFP035] yang berwarna silver.

 

Pertama-tama, ukur Water Film Carbon seukuran objek, anda bisa menutupi bagian tepi sebagai penanda. Pastikan ukuran Water Film Carbon lebih besar daripada diameter ember agar tidak tercelup.

 

  1. Taruh Water Film Carbon yang telah diukur di atas ember yang telah diisi air. Pastikan tidak ada gelembung-gelembung yang muncul di permukaan Water Film Carbon. Anda bisa menghilangkannya dengan menghentikkan jari anda secara perlahan di atas gelembung.

 

6. Semprotkan aktivator agar cat bisa tertempel ke atas permukaan objek. Semprotkan secukupnya sampai semua permukaan tersemprot, jangan terlalu sedikit dan jangan terlalu banyak. 

 

  1. Celupkan objek di atas Water Film Carbon secara perlahan. Lalu angkat pelan-pelan setelah beberapa detik. Pastikan selurug permukaan tercelup secara merata.

 

 

Keringkan objek selama beberapa menit, lalu bersihkan objek dari lendir sisa aktivator. Setelah itu keringkan lagi selama 20 menit.

 

  1. Lapisan selanjutnya adalah topcoat/cat akhir. Anda bisa memilih warna cat akhir sesuai dengan selera anda, anda juga bisa memilih untuk tidak melapisinya dengan warna akhir lagi.

Topcoat yang Samurai Paint tawarkan ada Warna klasik, metalik, bunglon, permen, stabilo, dan masih banyak lagi. Untuk melihat lebih lanjut klik DISINI.

 

Untuk langkah akhir, pernis objek dengan cat bening/clear. Samurai Paint menyediakan 3 jenis cat bening yaitu [#128], [#K1K], dan [#2K01]. Tujuan dari penyemprotan cat bening adalah agar cat tahan lama dan aman dari sentuhan luar.CONTOH DENGAN TOPCOAT RED R4L

Sudah tidak sabar ingin mempercantik dan meningkatkan kepedean menunggangi kuda besi anda? Anda bisa menghubungi kami untuk order melalui Whatsapp di 082210080068 atau langsung saja tekan tombol WhatsApp di kiri bawah layar anda.